Produksi Sagu Panggak Laut 140 Ton Per Minggu

Diposting pada

Lingga, MC – mengolah sagu merupakan pekerjaan alternatif selain melaut bagi sebagian warga desa panggak laut Kabupaten lingga. seperti yang dilakukan Zaikumar, salah seorang warga yang bekerja sebagai petani sagu di desa tersebut.

Selain kaya akan potensi sektor maritim, Kabupaten Lingga juga terkenal dengan daerah penghasil sagu. Bahkan disebagian wilayah Kabupaten lingga seperti di Kecamatan Lingga, tepatnya di desa panggak laut, industri sagu bisa mencapai 7 ton per minggu untuk satu lokasi produksi.

Zaikumar yang juga sebagai Ketua RW 02 di desa tersebut mengatakan, saat ini sudah ada kurang lebih 20 lokasi produksi milik warga desa panggak laut. Ini artinya, jika tiap lokasi menghasilkan sagu sebanyak 7 ton per minggu, dengan 20 lokasi bisa mencapai 140 ton perminggunya.

Menurut zai, dengan pengolahan yang masih tradisonal jumlah produksi tersebut terhitung cukup banyak.

Untuk bahan baku produksi, dikatakan Zai, Lingga memiliki lahan sagu yang cukup luas, beberapa warga panggak laut juga memiliki lahan sagu yang cukup luas. Sehingga untuk produksi berkelanjutan, tidak menjadi kekhawatirkan warga di Desa Panggak Laut.

“Hutan sagu di Lingga cukup luas, beberapa warga kami juga memeliki lahan sagu yang luas, jadi tidak perlu takut kehabisan batang sagu untuk di olah,” katanya.

Selain itu, dia mengatakan, warga desa panggak laut juga sudah mengenal industri bersih. Dalam hal ini, sampah olahan sagu bisa dimanfaatkan oleh warga menjadi sesuatu yang bernilai guna. Seperti salah satu contoh, beberapa warga desa sudah bisa menciptakan biogas dengan pemanfaatan limbah industri sagu kedalam  tabung degister sederhana yang mereka buat disekitar  lokasi produksi.

Untuk kendala, Zai mengungkapkan, hanya masalah pemasaran saja. Saat ini, sagu hasil olahan di jual ke agen yang datang langsung ke lokasi produksi, harga sagu jadi  tidak bervariasi karena hanya ditentukan oleh satu agen.

Dia berharap, kepada pemerintah untuk dapat memberikan perhatian terhadap petani sagu di desa Panggak laut. Dengan uluran tangan dari pemerintah setidaknya akan membantu warga sekitar dalam meningkatkan taraf ekonomi masyarakat di desanya.(MC Kab. Lingga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *