Pelamar Antri Serahkan Berkas Pendaftaran CPNS

Diposting pada

Lingga, MC – Ratusan Pelamar CPNS antri di depan  Kantor Badan Kepegawaian Dan Diklat (BKD) Kabupaten Lingga,  lengkap dengan  map berisi surat lamaran pendaftaran CPNS sesuai dengan syarat yang tertera di pendaftaran, yang di tempel di depan kantor BKD lingga maupun ditempat-tempat umum, pada hari kelima dibukanya pendaftaran CPNS wilayah Kabupaten Lingga, Senin (29/9).

 

Pantauan di lapangan, para pendaftar CPNS tersebut masuk secara bergantian sesuai nomor antrian yang mereka dapat dari panitia, untuk menyerahkan bukti fisik persyaratan pendaftaran CPNS di ruang pendaftaran yang disiapkan BKD Lingga.

Beberapa dari peserta tersebut juga masih ada yang sibuk menyusun dan mengecek ulang kelengkapan berkasnya.

Didi, salah seorang pelamar CPNS yang ikut dalam antrian mengatakan, dirinya  telah menyiapkan berkas persyaratan pendaftaran yang diminta panitia sejak hari pertama dibukanya pendaftaran, namun ia baru sempat mengantar langsung pada hari kelima tersebut.

“Saya sudah mempersiapkan berkasnya sejak hari pertama dibuka pendaftaran dan baru sempat datang ke kantor BKD hari ini,” ungkapnya.

Mukhtaraidi, staf  BKD Lingga yang bertindak sebagai koordinator tim penerima berkas fisik pendaftaran CPNS tersebut mengatakan, sejak awal pihaknya telah menyiasati kemungkinan terjadinya kerumunan pendaftar.

“Kami sudah mempersiapkan hal ini sejak awal, untuk itu kami sediakan mereka tenda dan kursi sebagai ruang tunggu serta nomor antrian. Jadi mereka akan masuk secara bergiliran sesuai nomor antriannya,”ungkapnya.

Dia menjelaskan, para pelamar tersebut sudah mendatangi kantor BKD sejak pagi. Sampai dengan jam 12.00 WIB siang, jumlah pendaftar yang sudah menyerahkan berkas fisik pendaftaran CPNS di kantor BKD sudah  102 orang. Sedangkan pada jam yang sama, untuk jumlah  berkas pelamar yang diterima panitia di lokasi pendaftaran CPNS wilayah Dabo Singkep, mencapai 108 orang. Pihaknya akan melayani para pendaftar tersebut hingga pukul 17.00 WIB sore, setiap hari kerja.

Menurutnya, antusias para pendaftar tes penerimaan CPNS wilyah Kabupaten Lingga luar biasa. Hal ini dapat dilihat dari alamat pada berkas pelamar yang diterima panitia, berasal dari berbagai daerah, mulai dari dalam daerah hingga luar daerah seperti Medan, Padang, Riau, dan daerah sumatera lainnya. Sementara itu, dari info yang diperoleh BKD Lingga, jumlah pelamar sampai dengan hari kelima dibukanya pendaftaran, mencapai angka 2322 pelamar dan jumlah tersebut terbagi merata hampir di tiap formasi.

Untuk kendala para pendaftar sendiri, dikatan Mukhtar, hanya masalah akreditasi universitas si pelamar. Ada beberapa pendaftar yang ijazahnya belum tercantum akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Hal ini kerap dijumpai pada Ijazah pelamar lulusan Universitas swasta.

“Beberapa Ijazah pelamar tidak tercantum akreditasi dari BAN-PT. Sedang untuk ikut menjadi calon peserta, pendaftar haruslah lulusan universitas yang telah diakui oleh negara, ini dapat dilihat dari akreditasi Universitasnya,” ungkap Mukhtar.

Untuk itu, dikatakan Mukhtar, pihak BKD meminta kepada para pelamar yang memiliki kendala serupa, agar dapat melampirkan potokopi akreditas universitas yang telah dilegalisir oleh pihak kampus, sebagai tambahan data pendukung Ijazah si pelamar.

“Kami beri keringanan agar pelamar seperti ini dapat melengkapi kembali berkas mereka. Waktu pendaftaran masih panjang. Kita akan terus melayani sampai dengan tanggal berakhirnya pendaftaran, selasa (7/10),” katanya.(MC Kab. Lingga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *