Daria Pantau Kesiapan Tes CPNS

Diposting pada

LINGGA, MC – Sistem Computer Asisted Test (CAT) dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini dinilai lebih kompetitif dan objektif. Sistem ini memberi kesempatan peserta CPNS langsung mengetahui nilai setelah mengerjakan soal yang diberikan.

 

“Dengan sistem ini, pemerintah menginginkan agar pelaksanaan tes CPNS ini benar-benar dapat dipertanggungjawabkan. Sehingga, tidak ada lagi kecurangan dalam penerimaan CPNS,” kata Bupati Lingga Daria, Selasa (16/9).

Para peserta CPNS, khususnya putra daerah, diminta untuk mempersiapkan diri. Tidak hanya untuk mempersiapkan kemampuan kemampuan kompetensi yang dimiliki. Lebih dari itu, mereka harus mempelajari penggunaan sistem CAT, agar terbiasa saat ujian.

“Kita tentu ingin para putra daerah yang mengisi formasi CPNS di Lingga,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Lingga Samsudi mengatakan, empat hari sebelum pelaksanaan tes CPNS, aplikasi CAT disterilkan. Hal ini bertujuan untuk memastikan server aplikasi tersebut benar-benar bersih dan tidak ada dimanipulasi.

“Jumlah soal yang akan diuji sekitar 100 item. Waktunya dibatasnya 90 menit,” ujarnya.

Materi tesnya berupa kompetensi dasar yang meliputi wawasan kebangsaan dengan batas minimal (passing grade) 70 poin, tes intelejensi umum 75 poin, dan tes karakteristik pribadi minimal 105 poin. Hasilnya akan langsung di-print out rangkap empat yang akan diarsip untuk BKD, Panselnas, BKN, dan untuk ditempel di tempat umum.

BKD Lingga akan menggelar simulasi penerimaan CPNS sistem CAT pada Sabtu (20/9). Tes seleksi penerimaan CPNS digelar di Jalan Telkom Setajam, Dabo, Singkep. Dalam seleksi penerimaan CPNS, BKD Lingga menggandeng PT Telkom Cabang Dabo.

“Saat ini, kami  masih menunggu informasi resmi jadwal pendaftaran CPNS di Kabupaten Lingga dari Provinsi Kepri,” tutupnya.

Untuk memastikan kesiapan BKD dalam melakukan seleksi penerimaan CPNS, Daria bersama Wakil Bupati Lingga Abu Hasyim, beberapa anggota DPRD Lingga, Kepala BKD Lingga Samsudi, kepala SKPD, FKPD dan tokoh masyarakat lainnya, melakukan pengecekan langsung lokasi pelaksanaan ujian CPNS dengan sistem CAT tersebut pada hari Minggu (14/9), usai menjadi Peringatan HUT ke-53 Pramuka. (tanjungpinangpos)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *