Fasilitas Media Center Bantu Masyarakat Daftar CPNS

Diposting pada

Lingga, MC –  Kurangnya sarana komputer dan fasilatas penunjang jaringan internet di sebagian besar wilayah Kabupaten Lingga, membuat masyarakat jadikan Media Center tempat akses informasi dan sarana penunjang persiapan berkas persyaratan untuk mengikuti tes penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kabupaten Lingga.

 

Noni, salah seorang warga desa Rejai Kecamatan Senayang yang sempat berkunjung ke Media Center mengatakan, dia rela menginap di Lingga untuk mencari tau informasi tentang CPNS. Hal tersebut dikarenakan, desa Rejai dan sekitarnya belum ada fasilitas internet yang dapat dipergunakan secara umum oleh masyarakat setempat.

“Kami terpaksa menginap di Lingga karena akses ke Rejai cukup jauh dan transportasinya juga terbatas. Di tempat kami, tidak ada fasilitas umum yang dapat kami gunakan untuk mencari informasi tentang penerimaan CPNS,”ungkapnya, Selasa (26/8).

Dia katakan, hanya Dabo Singkep dan Daik Lingga yang memiliki fasilitas memadai untuk melakukan pendaftaran CPNS secara online. Sedangkan letak Desa Rejai lebih dekat dengan Daik Lingga.  

Ady Setiawan, Kepala Seksi Komunikasi Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Lingga mengatakan,  Media Center telah difasilitasi beberapa perangkat penunjang komputerisasi oleh pemerintah untuk dipergunakan secara maksimal oleh masyarakat umum, Rabu (27/8).

“Jika dipergunakan sebagai tempat untuk membantu persiapan persyaratan tes penerimaan CPNS oleh masyarakat, kami rasa itu sangat baik. Petugas kami akan berikan pelayanan tersebut,” ungkap Ady yang ditemui di ruang kerjanya.

Terkait pendaftaran tes penerimaan CPNS secara online, dia katakan, kapasitas jaringan internet yang dimiliki Media Center terbatas. Namun masih memungkinkan untuk melakukan pendaftaran secara online, meski dikhawatirkan akan sedikit lambat.

Dia lanjutkan, pihaknya berencana untuk menambah satu hotspot di ruangan Media Center tersebut. “Kami berencana akan menambahkan sebuah hotspot dalam ruangan Media Center untuk mengantisipasi keterbatasan sarana. Jadi masyarakat yang datang kesana dengan membawa Laptop pribadinya juga akan kebagian akses internet melalui wi-fi yang kami sediakan secara gratis nantinya,”jelas Ady.

Selain itu dia katakan, Dishubkominfo Kabupaten Lingga melalui bidang Kominfo, sedang mengusahan penambahan fasilitas beberapa unit komputer, yang nantinya akan dipasang dalam sebuah ruangan di Media Center Kabupaten Lingga. Komputer ini nantinya akan digunakan oleh para awak media. 

Menanggapi keputasan terkait tempat berlangsungnya tes di Dabo Singkep oleh Badan Kepegawaiaan dan Diklat (BKD) Kabupaten Lingga, menurut Ady, hal tersebut sangat baik. Dia khawatirkan panitia akan lebih banyak mengalami hambatan, jika tes tersebut berlangsung di Daik Lingga.

“Menurut pandangan saya, Dabo memiliki fasilitas jaringan yang lebih baik. Kendalanya juga akan lebih bisa diminimalisir dan akan didukung oleh pihak Telkom. BKD sudah memperhitungkan hal tersebut,” katanya.

Ady berharap, dengan adanya Media Center, setidaknya dapat membantu tahapan pedaftaran tes CPNS di Kabupaten Lingga. (MC Kab. Lingga)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *