Dishubkominfo Lingga Harapkan BP3TI Aktifkan Kembali TELINFO-TUNTAS

Diposting pada

Lingga, MC – Kepala Dinas Perhubungan Komunkasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Lingga, Muzamil Ismail bersama tim, kunjungi Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) Kementrian KOMINFO di Jakarta, guna menyampaikan kendala terkait Program TELINFO-TUNTAS di wilayah Kabupaten Lingga.

 

Kabupaten Lingga yang menerima Program Penyediaan Jasa Akses Telekomunikasi dan Informatika di Pulau Terluar dan Perbatasan (TELINFO-TUNTAS), oleh BP3TI sebanyak 7 unit tersebut, saat ini tidak berfungsi maksimal.

“Baru-baru ini, saya bersama tim melakukan kunjungan ke BP3TI. Tujuannya sengaja membahas tentang TELINFO-TUNTAS di Kabupaten Lingga yang saat ini tidak aktif karena terdapat beberapa kursakan dan kendala lainnya,” ungkap Muzamil ketika ditemui diruang kerjanya, Selasa (26/8). 

Dia katakan, data yang diperoleh pihaknya dari operator di tujuh lokasi, menunjukkan beberapa kendala. seperti di desa Mentuda, desa Kudung dan dusun Tebing, dilaporkan mengalami beberapa kerusakan pada perangkat. Sedang untuk desa Belungkur, Pulau Penaah dan Pulau Kentar, dilaporkan jangkauan signalnya kurang dari 3 kilometer.

Dia lanjutkan, untuk desa Berhala perangkat radio masih belum terpasang sampai dengan saat ini.

Seperti yang kita tahu, lanjut Kadishubkominfo tersebut, Kabupaten Lingga terdiri dari 631 pulau, yang mana 98 persen wilayahnya merupakan lautan dan 2 persen daratan. Sehingga telekomunikasi di wilayah ini sangat berperan penting guna memunjang kebutuhan masyarakat. 

“Kendala ini sangat dirasakan oleh masyarakat. fungsinya jelas, untuk memperpendek rentang komunikasi antar masyarakat dan antar desa,” ungkapnya.

Dengan kunjungannya tersebut, Dia mengharapkan, BP3TI dapat sesegera mungkin mengaktifkan kembali perangkat TELINFO-TUNTAS yang berada di wilayah Kabupaten Lingga. (MC Kab. Lingga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *