BPBD Lingga Gelar Sosialisasi Kontinjensi Penanggulangan Bencana

Diposting pada

Lingga, MC – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lingga gelar sosialisasi rencana Kontinjensi penanggulangan bencana wilayah Kabupaten Lingga, di aula Hotel Lingga Pesona, Selasa (26/8). Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan terselenggaranya penanggulangan bencana secara terencana, terpadu, terkoordinasi dan menyeluruh.

 

Kegiatan sosialisasi yang ditujukan kepada 100 orang peserta dari berbagai lapisan masyarakat dan instansi tersebut, turut dihadiri oleh jajaran istansi pemerintahan dan vertikal se Kabupaten Lingga, Camat, lurah, DPD, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, pemuka agama dan perwakilan insan pers se-Kabupaten lingga.

Kepala Seksi Penanggulangan Bencana BPBD Kabupaten Lingga, Firdaus menjelaskan, dengan diadakannya kegiatan sosialisasi tersebut dapat meningkatkan kesadaran pihak terkait, agar penanggulangan setiap bencana dapat terkoordinir secara menyeluruh dengan memanfaatkan segala sumberdaya yang ada.

Hal yang sama juga diungkapkan, Idrus,asisten satu pemerintahan Lingga yang membuka acara sosialisasi tersebut, bahwa perencanaan

kontinjensi, sanggat diperlukan, karena bencana sendiri tidak dikethui kapan datangnya.

” Jadi sebelum bencana terjadi, kita perlu ada rencana untuk menanggulanginya, agar tidak sampai mengakibatkan kerugian kepada

masyarakat,” ungkap Idrus dalam sambutannya di acara tersebut.

Dia juga mengatakan bahwa daerah Kabupaten Lingga, yang tergolong wilayah Kepulauan, bisa dikatakan bencana sering terjadi.”Jadi kita harus rencanakan penanggulangan bencana sebelum bencana terjadi,” katanya.

Dia juga berharap dengan dlaksanakannya sosialisi tersebut, semua pihak dapat memahami tugasnya masing-masing, dalam menanggulangi bencana.” Jadi tugas untuk menanggulangi bencana tersebut bukan semata-mata tugas BPBD sendiri,” tutup Idrus. (MC Kab. Lingga)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *