Marine Hawk Resmi Beroperasi di Jalur Dabo-Daik

Diposting pada

 

Lingga, MC – Kapal Fery Marine Hawk akan beroperasi melayani kebutuhan transportasi jalur laut Dabo Singkep-Daik Lingga, mulai Senin (18/8).

Seperti yang telah disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informastika Kabupaten Lingga Muzammil Ismail, Jum’at (15/8), bahwa dari hasil perundingan operator armada Marine Hawk dengan pihaknya, maka pelayanan transportasi dari Pelabuhan Dabo ke Pelabuhan tanjung Buton resmi dilayani Fery Marine Hawk mulai tanggal 18 Agustus mendatang.

 “Kita opersikan Marine Hawk untuk melayani jalur pelayaran dari Pelabuhan Dabo ke Pelabuhan tanjung Buton dan juga sebaliknya. Kapal ini mulai beroperasi usai peringatan Hari Kemerdekaan Repubik Indonesia ke 69 di Kabupaten Lingga. 

Jadi sementara kapal ini kita carter guna melayani transportasi laut selama kegiatan HUT RI tersebut,” kata Muzamil yang ditemui di ruang kerjanya.

Hal serupa juga disampaikan oleh Kabid Laut Dishubkominfo Kabupaten Lingga, Mawardi. Dia katakan, Marine Hawk akan menggantikan fungsi armada Laut yang sebelumnya beroperasi dijalur tersebut.

“Kita telah berusaha memenuhi permintaan masyarakat tentang kebutuhan transportasi dijalur pelayaran Dabo-Daik. Jalur ini sempat lumpuh karna beberapa masalah yang terjadi pada armada laut yang beroperasi sebelumnya.

Dari hasil perundingan pihak kita dengan armada Marine Hawk, maka mereka akan segera beroperasi dijalur pelayaran tersebut,” Ungkap Mawardi.

Mawardi katakan, Marine Hawk adalah kapal yang memiliki izin nasional untuk melayani jalur pelayaran di wilayah Provinsi Kepulauan Riau.

“Mereka layak beroperasi di jalur mana saja, pihak kita hanya sebatas mengetahui. namun untuk operasionalnya tetap diawasi oleh pihak pelabuhan dalam hal ini KUPP atau Sabandar,” terangnya.

Untuk harga tiket, dia katakan, sementara mengacu pada SK Bupati tahun 2014, untuk saat ini belum ada perubahan.

“Kita akan coba dengan standar harga tiket sebelumnya, jika terdapat kendala terkait operasional, kita akan usulkan pemberian subsidi kepada operator armada tersebut,” terangnya.

Terkait jam keberangkatan kapal tersebut, dia katakan, pihaknya belum terima jadwal keberangkatan regular dari pihak armada Marin Hawk. 

Namun sebagai gambaran, Mawardi katakan, Marine Hawk berangkat setiap hariya sekitar pukul 07.00 WIB pagi dari Pelabuhan Dabo ke Pelabuhan Tanjung Buton. Dari Tanjung Buton kapal tersebut akan kembali lagi ke Pelabuhan Dabo setelah memuat penumpang di pelabuhan tersebut.

Sorenya, lanjut Mawardi, Marine Hawk akan berangkat kembali sekitar pukul 15.00 WIB, dan kembali lagi dengan memuat penumpang dari Tanjung Buton ke pelabuhan Dabo.

“jadi home based mereka di Pelabuhan Dabo,”katanya.

Dia berharap, dengan beroperasinya Marine Hawk tersebut dapat meningkatkan kualitas pelayanan transportasi yang lebih baik dari sebelumnya. (MC Kab. Lingga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *