Baznas Lingga Distribusikan Zakat Rp120 Juta Ke Fakir Miskin

Diposting pada

Lingga, MC -Selama bulan Ramdhan 1435 H, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Lingga telah mendistribusikan zakat Rp120 juta lebih kepada  400 fakir miskin di Kabupaten Lingga, Rabu (23/7). 

Menurut Ketua Baznas Kabupaten Lingga, Al Ghazali Wahid, pendistribusian zakat  itu sebenarnya tidak hanya pada bulan ramadhan saja. Melainkan sudah menjadi program rutin yang dilakulan Baznas kepada masyarakat di Kabupaten Lingga.

 

“Lebih kurang selama ramadhan zakat yang sudah disalurkan sekitar Rp120 juta,” ujarnya.

Dikatakan,  zakat tersebut diserahkan kepada fakir miskin yang menjadi prioritas Baznas yakni sebanyak 400 orang penerima terdiri dari tua jompo, janda, dan fakir miskin.  Penerima tersebut, terang Alghazali terdiri dari dua kategori yakni kategori miskin konsumtif dan kategori miskin produktif. 

Artinya, kategori konsumtif, adalah penerima zakat yang benar-benar tidak mampu untuk bekerja dan menghasilkan pemenuhan kebutuhan akibat sudah tua.  

Sedangkan penerima produktif terang Alghazali, adalah penerima zakat fakir miskin yang punya usaha kecil namun tidak memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

“BAZNAS bantu untuk penerima konsumtif Rp250 ribu perorang,”ungkapnya.

Hingga saat ini, semua penerima tersebut tersebar di 9 kecamatan di Lingga. “Yang belum disalurkan di Kecamatan Lingga Timur,”ungkapnya. 

Ghazali juga mengatakan Baznas memiliki program bantuan beasiswa bagi mahasiswa yang kurang mampu. Namun persyaratannya, mahasiswa yang tidak terima beasiswa dari Pemkab Lingga ataupun Provinsi Kepri.(Put)

 

Posted by http://www.haluankepri.com/lingga/66090-baznas-lingga-distribusikan-zakat-rp120-juta-ke-fakir-miskin.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *