Dishub Tambah Dua Ruang Tunggu di Jagoh

Diposting pada

Lingga, MC – Untuk mengantisipasi dan menertibkan Pelabuhan selama berlangsungnya arus mudik, Bidang Laut Dishubkominfo Lingga sediakan fasilitas ruang tunggu tambahan pada pelabuhan.

Mawardi SE, Kabid Laut Dishubkominfo Lingga katakan, penambaha fasilitas ruang tunggu pelabuhan dirasa sangat diharuskan. Hal ini guna memberi kenyamanan dan ketertiban pada pelabuhan.

“melihat dari tahun sebelumnya, lonjakan penumpang kerap merepotkan petugas dalam penertiban di pelabuhan. Terutama di pelabuhan Jagoh Dabo Singkep, yang jumlah pemudiknya paling banyak dari pelabuhan lainnya di Kabupaten Lingga,” ungkap Mawardi ketika ditemui sedang melakukan peninjauan arus mudik di pelabuhan Tanjung Buton Daik Lingga, Minggu (20/7).  

Dia katakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan beberapa pemilik tempat, untuk digunakan sebagai ruang tunggu sementara, selama berlangsungnya arus mudik di Pelabuhan jagoh.

“kita gunakan dua warung di area pelabuhan yang saat ini sedang tidak beroprasi, tempat ini sementara kita jadikan ruang tunggu penumpang.

Warung Pak Itam akan kita jadikan ruag tunggu untuk penumpang kapal ferry Oceanna dan Samudra jaya tujuan Batam. Sedangkan Warung Iin, kita akan gunakan sebagai ruang tunggu penumpang kapal Ferry Superjet dan Lingga Permai,” jelasnya.

Selanjutnya Mawardi katakan, pemilik warung tidak keberatan jika warugnya sementara waktu digunakan sebagai fasilitas ruang tunggu, dengan syarat H+ mereka sudah bisa aktif berjualan kembali.

Untuk harga tiket, Mawardi sampaikan, sementara masih normal, tidak ada kenaikan harga tiket. sedangkan penjualan tiket di pelabuhan, para agen akan ditempatkan di depan pintu masuk pelabuhan dan sekitar ruang tunggu.

Dia tambahkan, berdasarkan pantauaannya dilapangan, lonjakan penumpang belum terlihat ada peningkatan yang drastis, kemungkinan besar terjadi pada H-3. “H-7 kita sudah mulai kerahkan seluuh tim,” katanya.

Terkait lonjakan arus mudik mulai H-7 hingga H+7, Mawardi sampaikan, pihaknya juga telah melaksanakan apel bersama Camat Singkep Barat, Polsek Singkep Barat, KP3, Operator angkutan darat dan laut, di pelabuhan Jagoh, pada Jum’at (18/7).

Dia mengatakan, tujuan Apel tersebut sebagai bentuk koordinasi antar stakeholder yang akan bertugas dilapangan, selama berlangsungnya arus mudik di Pelabuhan Jagoh. (MC Kab. Lingga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *