Jokowi Unggul di Tiap Kecamatan se Kabupaten Lingga

Diposting pada

Lingga, MC – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lingga menggelar rapat pleno penetapan jumlah suara pada Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) untuk wilayah Kabupaten Lingga, di hotel Lingga Pesona Daik Lingga, Rabu (16/7).  Kegiatan tersebut merupakan tahapan akhir kegiatan Pilpres di Kabupaten Lingga.

Berdasarkan hasil pleno yang digelar KPU bersama stakeholder pada Pilpres tersebut, diputuskan pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon wakil presiden (Cawapres) yang meraih suara terbanyak di Kabupaten Lingga yaitu pasangan dengan nomor urut dua.

 Pasangan Capres dan Cawapres Jokowi- Jusuf Kala yang memperoleh suara sah sebanyak 32.943 suara dari delapan kecamatan, berhasil mengungguli pasangan nomor urut satu, Prabowo-Hatta dengan perolehan suara 14.081 suara.

Dari Jumlah data pemilih 68.387, yang menggunakan hak pilihnya berjumlah 47.562. Sedangkan jumlah surat suara sebanyak 68.873, yang tidak terpakai karena rusak 20 surat suara. Sedangkan surat suara yang tidak terpakai 21.291 dan surat suara yang digunakan 47.562.

Dari data jumlah surat suara yang digunakan 47.562 surat suara tersebut, jumlah suara sah 46.961 dan suara yang tidak sah 601. 

Adapun data perolehan suara sah Pilpres Indonesia 2014 yang diperoleh dari delapan PPK Kecamatan se Kabupaten Lingga pada rapat pleno oleh KPU Kabupaten Lingga, dimulai dari Kecamatan Singkep, dimana jumlah suara sah 11.723 dengan perolehan suara pasangan Prabowo-Hatta 4.141 dan Jokowi-JK 7.582 suara.

Untuk Kecamatan Lingga, jumlah suara sah 5.748 dengan perolehan suara pasangan Prabowo-Hatta 1.868, sedangkan Jokowi-JK 3.880. Di kecamatan Senayang, jumlah suara sah 10.021, perolehan suara pasangan Prabowo-Hatta 2.671, sedangkan Jokowi-JK 7350 suara. 

Sama halnya dengan Kecamatan Singkep Barat  masih di ungguli pasangan nomor urut dua, dimana jumlah suara sah 8.112 perolehan suara pasangan Prabowo-Hatta 1.711, dan pasangan Jokowi-JK 6.401. Sedangkan pada Kecamatan Singkep Pesisir jumlah suara sah 2.279 dengan perolehan suara sah pasangan Prabowo-Hatta 636, sedangkan pasangan Jokowi-JK unggul dengan perolehan suara 1.643.

Selanjutnya, di Kecamatan Lingga Timur jumlah suara sah 2.063 dengan perolehan suara pasangan Prabowo-Hatta 711, sedangkan Pasangan Jokowi-JK 1.352 suara. Dan untuk Kecamatan Lingga Utara, jumlah suara sah 5.324 dengan perolehan suara sah pasangan Prabowo-Hatta 1.757, sedangkan pasangan Jokowi-JK 3.567 suara.

Terakhir di Kecamatan Selayar jumlah suara sah 1.691 dengan perolehan suara pasangan Prabowo-Hatta 523 sedangkan pasangan Jokowi-JK 1.168 suara.

Pleno yang dihadiri oleh Sekda, Kapolres, Koramil, Asisten Bupati Lingga, Ketua PPK Kecamatan se Kabupaten Lingga, Panwaslu, Saksi dari kedua Capres dan stakeholder pilpres lain tersebut, berlangsung tertib dan aman. 

Meskipun, terdapat beberapa kekeliruan tentang kesalahan penulisan serta data yang diterima oleh saksi dimana angkanya bertukar atau salah penempatan angka, namun hal tersebut tidak menghambat jalannya pleno yang dipimpin langsung oleh Ketua KPU Lingga.

Menurut Baharu Mazi sebagai saksi dari kubu Prabowo mengatakan, hasil perhitungan suara yang dibacakan oleh tiap PPK Kecamatan, sesuai dengan berita acara yang ia terima. 

“Tidak ada yang salah, kami tidak menemukan kesalahan apapun pada data yang kami terima. Pada dasarnya kami berpedoman pada form C1,  dan form C1 ini yang akan kami kawal sampai kepusat,” ungkapnya usai pleno tersebut.

Jumlah keseluruhan Jokowi-JK unggul 32.948 suara dengan perolehan suara Prabowo-Hatta 14.018. Dengan demikian, terang Agus, total keseluruhan suara sah calon presiden dan wakil presiden yakni 46.961. “Ini semua sah,” pungkas Iwan.

Dilihat dari masih adanya masyarakat yang tidak menggunakan hak pilihnya, Ketua KPU tersebut menghimbau, kepada masyarakat di Kabupaten Lingga agar dapat turut berpartisipasi dalam pesta demokrasi kedepannya, karena suara yang diberikan sangat mempengaruhi masa depan bangsa kedepannya.

“Tidak lama lagi kita akan mempersiapkan Pilkada, rencananya bulan Oktober 2014 kita sudah lakukan persiapan. Jadi kepada masyarakat, agar dapat berpartisipasi memberikan suara untuk daerahnya, suara itu akan menentukan nasib daerah kita lima tahun kedepan,” ungkapnya 

Agussyuriawan juga sampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah turut memberikan partisipasinya, sehingga tiap tahapan Pilpres yang dilalui KPU berjalan dengan baik dan aman.

Dia juga katakan, hasil suara yang diterima KPU tersebut, akan dibawa dan dilanjutkan ke tingkat provinsi pada tanggal 20 Juli mendatang. (MC Kab. Lingga)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *