Jokowi Unggul di Tiga TPS Kelurahan Daik

Diposting pada

Lingga, Media Center – Hasil penghitungan suara di tiga TPS Kelurahan Daik, Kecamatan Lingga, Rabu (9/7), pasangan Jokowi-JK Ungguli pasangan Prabowo-Hatta. Dari total 781 suara sah yang diperoleh di tiga TPS tersebut, pasangan nomor urut dua memperoleh 415 suara dan pasangan nomor urut satu dengan 366 suara.

Tiga TPS di Kelurahan Daik yaitu TPS 2, TPS 4 dan TPS 8 tersebut, selesai melakukan penghitungan suara sejak pukul 14.00 WIB.

Berdasarkan data yang dimiliki tiga TPS tersebut, tercetat sebanyak 1.131 calon pemilih dari Daftar pemilih Tetap (DPT), Namun yang datang ke TPS untuk melakukan pencoblosan hanya 68 persen dari total DPT saja, ditambah 30 suara Pemilih Tambahan, yang mana pemilih tambahan yaitu pemilih yang tidak tercatat didalam DPT sehingga mereka menggunakan A5 dan KTP.

Istiyanto, Ketua panitia di TPS 8 mengatakan, hasil penghitungan suara tersebut akan diserahkan ke PPS Kelurahan pada sore harinya.

“Akan diadakan pleno rekapitilasi jumlah suara di PPS kelurahan besok, Kamis (10/7),” ungkapnya.

Sejauh ini, Kata Istiyanto, proses pemilihan berjalan tertib dan lancar, panitia tidak menemukan permasalahan apapun pada pelaksanaan pemilihan tersebut.

Terkait jumlah golput yang yang cukup besar di tiga TPS Kelurahan Daik, Ketua KPU Lingga Agussuriawan mengatakan, kondisi itu bisa terjadi karena disebabkan banyak faktor yakni, cuaca yang buruk, dimana hujan mengguyur hamapir seluruh daerah pemilihan di Kabupaten Lingga sejak pagi dan faktor lainnya seperti bulan ramadhan membuat sebagian calon pemilih yang menjalankan ibadah puasa, enggan melangkahkan kakinya ke TPS yang telah disediakan.

“Kita tidak bisa menyalahkan sosialisasi yang dilakukan KPU, ini skala Nasional, sosialisasi bisa melalui TV, media cetak dan elektronik, hingga sosial media,” tegas Iwan kepada media.

Dia berharap, tidak ditemukan lagi jumlah golput dalam jumlah besar didaerah pemilihan lainnya di Kabupaten Lingga dan setiap masyarakat dapat berpartisipasi dalam mensukseskan Pilpres 2014 tersebut. (MC Kab. Lingga)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *