BLH Gelar Lomba Peringati Hari Lingkungan Hidup

Diposting pada

Lingga, Media Center – Memperingati hari lingkungan hidup sedunia, Pemerintah Kabupaten Lingga melalui Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Lingga menggelar kegiatan Peduli Lingkungan di aula kantor Bupati Lingga, Kamis (12/6).

Gerakan peduli Lingkungan yang bertema “Satukan langkah selamatkan ekosistem pesisir dari perubahan iklim,” tersebut dihadiri oleh Bupati Lingga, forum FKPD Kabupaten Lingga, Sekda, Kepala SKPD se Kabupaten Lingga, instansi vertikal se Kabupaten Lingga, Camat se Kabupaten Lingga, Ketua Penggerak PKK Kabupaten Lingga beserta staf, Perwakilan pelajar tingkat SMU dan tokoh masyarakat Kabupaten Lingga.

Dalam peringatan tersebut, BLH Kabupaten Lingga juga menggelar beberapa kegiatan seperti lomba kreatifitas daur ulang sampah tingkat pelajar SMA sederajat, aksi tanam pohon oleh Bupati beserta kepala jajaran instansi pemerintahan dan vertikal Kabupaten Lingga di sepanjang jalan wilayah kantor pemerintahan baru Kabupaten Lingga dan bimbingan teknis pemanfaatan sampah menjadi barang yang bermanfaat.

Bupati Lingga H Daria dalam sambutannya mengatakan, telah banyak yang dilakukan pemerintah baik pusat maupun daerah untuk menumbuhkan dan memotivasi rasa kepedulian terhadap lingkungan, sehingga tercipta kenyamanan serta ketentraman yang menjadi dambaan setiap orang.

Beliau mengatakan, tujuan Pemkab melaksanakan kegiatan yang bertepatan dengan hari lingkungan hidup tersebut, untuk mengurangi volume sampah, meningkatkan nilai ekonomis atas barang yang sudah tergolong sampah dan dapat mengurangi timbunan sampah pada kawasan pesisir.

Bupati Lingga yang pada kesempatannya membuka acara tersebut, juga mengunjungi dan melihat langsung hasil karya dari peserta lomba kreatifitas daur ulang sampah tingkat pelajar SMA sederajat.

Bupati tampak antusias dan mengapresiasi hasil karya para peserta tersebut. Menurutnya, kegiatan ini sangat luar biasa.

Beliau mengatakan, pemerintah sangat mendukung kegiatan tersebut, ini merupakan salah satu bentuk motivasi paling tidak bisa menjadi media untuk menampilkan karya dari hasil pemikiran hebat mereka.

“Kita berharap, ada yang bisa memanfaatkan hasil karya anak-anak ini, mungkin lewat BUMD misalnya, dapat menjadi media yang bisa menggerakkan mereka, sehingga hasil karyanya bisa diproduksi dan dipasarkan,” kata Daria usai melihat sebuah plastik transparan dari hasil fermentasi limbah sagu karya pelajar SMA Lingga tersebut.

Beliau juga berharap pemerintah ikut serta mempromosikan hasil karya tersebut misalnya melalui kegiatan dan pergelaran yang digelar oleh Pemkab, sehingga apa yang telah diciptakan oleh anak-anak ini tidak berhenti sampai disitu saja namun bisa bermanfaat bagi seluruh masyarakat.

Disamping itu, Bupati Lingga yang dalam rangkaian acara tersebut, juga menyerahkan bantuan berupa bibit pohon mangga, durian, rambutan dan lainnya serta bantuan pupuk dari hasil daur ulang sampah organik kepada beberapa Kepala Desa di Kabupaten Lingga. (MC Kab. Lingga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *