Disbudpar Gelar Pelatihan Guna Wujudkan Desa Sadar Wisata

Diposting pada

Lingga, Media Center – Untuk meningkatkan kualitas pariwisata dan kesadaran masyarakat tentang desa wisata di Kabupaten Lingga, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata mengadakan pelatihan SDM dibidang kebudayaan dan pariwisata dalam managerial lembaga pengelolaan desa wisata, di ruang pertemuan Hotel Lingga Pesona, Senin (16/6).

Pelatihan yang dibuka oleh Asisten II Bupati Lingga mewakili Bupati tersebut, ditujukan kepada lembaga pengelolaan desa wisata di tiap kecamatan di Kabupaten Lingga.

Dalam rangka mewujudkan desa sadar wisata tersebut, Disbudpar menghadirkan narasumber dari lembaga pariwisata D.I. Yogyakarta Sentot Suhardjo, yang sudah 6 kali di undang oleh Disbudpar dan cukup memahami warna pariwisata di Kabupaten Lingga.

Junaidi Adzam, Kadisbudpar Kabupaten Lingga menjelaskan, pelatihan ini bertujuan memberikan pengarahan dan pemahaman kepada pengelola desa wisata, sehingga mereka menyadari apa yang harus dibenahi dan dikembangkan di desanya.

Beliau katakan, Kabupaten Lingga sebagai daerah dengan potensi wisata yang cukup besar. Jika hal tersebut didukung dengan pengelolaan dan managerial yang baik, maka hasilnya akan sangat luar biasa bagi kemajuan pariwisata di Kabupaten Lingga.

Mengacu pada hasil yang diperoleh Desa Penaah dan Desa Benan sebagai penerima predikat desa wisata terbaik se Provinsi Kepri, Menurut Junaidi, ini tinggal ditingkatkan lagi.

“Desa sadar wisata itu mengimplementasikan tentang pelayanan dalam kaitannya dengan kunjungan wisatawan kedaerah itu. Dengan demikian pariwisata itu tidak hanya tentang desa wisaatanya saja, tapi kita harapkan kepada masyarakatnya juga turut sadar wisata terkait di wilayahnya terdapat kunjungan wisatawan,” ungkapnya.

Beliau juga mengatakan, pelatihan yang dilaksanakan selama satu hari tersebut, akan membahas segala hal terkait managerial desa wisata hingga tentang desa sadar wisata. (MC Kab. Lingga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *