Dishubkominfo Rapatkan Pemindahan Transportasi Laut ke Sungai Tenam

Diposting pada

Lingga, Media Center – Terkait persiapan pemindahan jalur taransportasi laut domestik dari pelabuhan Tanjung Buton menjadi pelabuhan Sungai Tenam, Dishubkominfo Kabupaten Lingga bersama stakeholder lainnya menggelar rapat  di aula kantor Bupati Lingga, Kamis (22/5).

Rapat yang dipimpin oleh Drs. Muzamil Ismail, M.Si, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Lingga tersebut turut dihadiri Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lingga, Staf dari Dinas Pekerjaan Umum (PU), Kepala bidang Promosi Disbudpar, Sabandar wilayah Lingga, tokoh masyarat kabupaten Lingga dan stakeholder lainnya.

Rapat tersebut membahas mulai dari infrasruktur yang tersedia sampai permasalahan angkutan darat yang akan melayani jalur Daik-Sungai Tenam.

Kepala Bappeda Kabupaten Lingga, M. Ishak menyampaikan dukungannya terhadap program yang dibuat Pemkab Lingga bersama Pemerintah Provinsi tersebut.

“Kita mempersiapkan itu, agar dapat mempersingkat jarak dan waktu perjalanan dari Tanjungpinang ke Kabupaten Lingga,” ungkapnya kepada stakeholder dalam rapat tersebut.

Beliau menyarankan, Dishubkominfo layak mempertimbangkan dengan matang terkait kendala yang dihadapi Kabupaten Lingga saat ini, seperti ketersediaan BBM, fasilitas pelayanan pelabuhan dan perparkiran, serta dampak lain yang akan timbul dimasyarakat kedepannya.

Kabid Promosi dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Lingga juga turut menyatakan dukungannya.

Beliau katakan, pariwisata Kabupaten Lingga akan lebih cepat berkembang dengan dioperasikannya pelabuan Sungai Tenam tersebut. Namun keseragaman tarif angkutan juga harus ditetapkan. Ini guna memudahkan promosi Pariwisata di Kabupaten Lingga.

Pemangku kepentingan lain juga turut menyampaikan usulan dan masukan terkait pelaksanaan pemindahan yang direncanakan pada pertengahan Juni mendatang.

Perwakilan dari Dinas Perkerjaan Umum yang turut hadir pada rapat tersebut, turut memberikan informasi terkait fasilitas penunjang pelabuhan yang akan dibangun secepatnya di Sungai Tenam.

Beliau mengatakan, PU telah menyiapkan perencanaan pembangunan lahan parkir kendaraan di halaman pelabuhan Sungai Tenam, dan direncanakan akhir tahun ini selesai dikerjakan.

Selain itu PU juga menyampaikan, pengaspalan jalan di Desa Resun akan selesai pada akhir tahun ini, sedangkan jalan dari Desa Resun menuju pelabuhan Sungai Tenam yang sepanjang 23 Kilometer akan ditangani oleh Pemerintah Provinsi.

Kadishubkominfo mengatakan, usulan dan masukan yang menyangkut sarana prasarana ini akan dipertimbangkan sebaik mungkin, dan dapat ditindaklanjuti dalam waktu secepatnya.

“Kita selaku Dinas perhubungan diminta untuk mempertimbangkan usulan-usulan terkait perencanaan pemindahan pengoperasian pelabuhan ini,” katanya yang ditemui usai memimpin rapat tersebut.

Dia katakan, hasil keputusan selanjutnya akan disampaikan kepada pimpinan daerah.

Muzamil menambahkan, upaya pemindahan ini bertujuan untuk menjadikan pelabuhan Sungai Tenam sebagai Pelabuhan Nasional kedepannya, dengan fasilitas yang lengkap dan melayani jalur pelayaran hingga keluar negeri. Hal tersebut telah dicanangkan dalam RTRW. (MC Kab. lingga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *