Wakil Bupati Lingga buka pelaksanaan lomba TTG

Diposting pada

Lingga, Media Center – Wakil Bupati Lingga, Drs. Abu Hasim, MM membuka secara resmi pelaksanaan lomba Teknologi Tepat guna (TTG) Kabupaten Lingga tahun 2014, di Gedung Nasional Dabo Singkep, Senin (14/4).

Lomba TTG yang akan berlangsung selama dua hari tersebut, diikuti 66 peserta dari seluruh Kecamatan seKabupaten Lingga, mulai dari tingkat umum hingga tingkat pelajar.  jumlah ini meningkat dari tahun-tahun sebelumnya.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Lingga tersebut, turut dihadiri Kepala BPMPD Provinsi Kepri, Pimpinan instansi pemerintahan dan instansi vertikal seKabupaten Lingga, Ibu-ibu penggerak PKK Kabupaten Lingga, dan tokoh masyarakat se Kabupaten Lingga.

Lomba TTG tigkat Kabupaten Lingga tahun 2014, menghadirkan tujuh narasember sekaligus penilai, diantaranya Dekan Fakultas Teknik dan Saint Universitas Nasional Jakarta Ir. Ajat Sudrajat, MT dan Manajer Sentra mahaki magelang,  Anjar Prasetyo yang merupakan salah seorang birokrat Magelang, membidangi masalah riset dan mencari produk untuk di buat hak paten.

Berbagai inovasi teknologi diperagakan oleh peserta lomba, mulai dari bio energi, rancang bangun mesin pengolahan,  hingga peralatan elekronik, dengan beragam fungsi dan kegunaan.

Wakil Bupati Lingga, Abu Hasim menjelaskan, berdasarkan sifatnya, teknologi tepat guna ialah mudah dalam penggunaan, ramah akan lingkungan, dan dapat membantu masyarakat. 

Menurutnya, tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk memotivasi generasi muda khususnya di Kabupaten Lingga, agar dapat bersaing dan ikut berkontribusi dalam menciptakan teknologi tepat guna yang kelak hasilnya dapat dinikmati oleh masarakat diseluruh Indonesia. Selain itu, kegiatan ini berkaitan erat dengan program pemerintah dalam pengentasan kemiskinan.

“TTG bukan sebuah lomba saja, namun hasilnya dapat memberikan manfaat yang besar untuk masarakat,”  katanya, usai melihat hasil karya peserta lomba.

Terkait Lomba tersebut, Kabupaten Lingga memiliki prestasi yang cukup menggembirakan. Tahun lalu, Okta Ekaputra salah seorang siswa dari SMU di Lingga Utara,berhasil meraih peringkat 6 Nasional, dengan produk bio jelly limbah sagu-nya. Ini merupakan sebuah kebangkaan bagi Kabupaten Lingga, Kata Wakil Bupati tersebut.

Dia berharap, masyarakat dan Pemerintah Kabupaten dapat bersama-sama mengembangkan TTG di Kabupaten Lingga, agar kreasi yang telah dibuat para peserta lomba tersebut bermanfaat bagi masyarakat di Kabupaten Lingga. (MC Kab. Lingga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *