Gubernur Kepri menutup kegiatan MTQ-V Provinsi Kepri

Diposting pada

Karimun, Media Center – Gubernur Kepulauan Riau, Muhammad Sani secara resmi menutup Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) kelima tingkat Provinsi Kepulauan Riau tahun 2014, di Panggung Rakyat Sri Kemuning Coastal Area, Kabupaten Karimun, Kamis (27/3) malam.

Upacara penutupan tersebut turut dihadiri Kepala Daerah beserta Wakil dan Sekda dari Kabupaten/Kota se Provinsi Kepri, Jajaran instansi Vertikal dari Kabupaten/Kota se Provinsi Kepri, Dewan Hakim MTQ, Ketua LPTQ Provinsi Kepulauan Riau, Pemuka agama dan Tokoh masyarakat se Provinsi Kepri.

 Coastal Area yang dipadati pengunjung tersebut menyajikan ragam hiburan khas kebudayaan melayu Kepulauan Riau. Diantaranya tari persembahan khas adat melayu, garapan tarian kolosal dari anak-anak sanggar seni di Kabupaten Karimun, rabana dan lain sebagainya.

Upacara Penutupan tersebut dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Ketua Dewan Hakim Prof. Dr. Said  Agil Husein Al-Munawar, dilanjutkan dengan pemutaran video selama berlangsungnya kegiatan MTQ kelima tingkat Provinsi Kepri di Kabupaten Karimun.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan laporan acara, serta kata sambutan oleh Bupati Karimun.  Nurdin Basirun dalam sambutannya menyampaikan permohonan maaf mewakili Kabupaten Karimun kepada semua pihak jika terdapat kekurangan dalam penyelenggaraan MTQ kelima di Karimun tersebut.

Dia juga mengucapkan terima kasih atas partisipasi dari seluruh masyarakat Kabupaten Karimun, yang  telah bekerjasama dengan pemerintah Kabupaten Karimun, untuk ikut serta dalam mensukseskan MTQ kelima tingkat Provinsi Kepri tahun 2014. Dia berharap Kabupaten Karimun dapat mempertahankan trofi Juara Umum MTQ tingkat Provinsi yang sudah dua periode berada di Kabupaten Karimun.

Acara dilanjutkan dengan Pengumuman pemenang MTQ dari berbagai ajang yang diperlombakan, antara lain Juara dari tujuh cabang Musabaqah, Juara Pawai ta’aruf, Juara stand bazar, Juara Umum MTQ kelima Provinsi Kepri, Juara kasidah rabana dan peserta dengan raihan nilai tertinggi selama ajang MTQ kelima tingkat Provinsi Kepri itu digelar.

Pengumuman juara dari tujuh cabang MTQ dimulai dari cabang Tilawah. Untuk cabang tilawah anak-anak putera, Kabupaten Lingga yang diwakili oleh Andika Pangestu menyabet gelar Juara terbaik satu dengan raihan poin 98,33. Andika berhasil menyisihkan Qori utusan dari Kabupaten Karimun yang harus puas berada di peringkat terbaiik kedua dengan 91,17 poin, dikuti utusan dari Kabupaten Natuna yang berada di peringkat ketiga dengan raihan 89,00 poin.

Tidak hanya itu, Andika Pangestu yang merupakan warga Daik Lingga tersebut, mengharumkan nama Kabupaten Lingga dengan raihan nilai tertinggi di ajang MTQ tingkat Provinsi Kepri tahun 2014, yang dihitung berdasarkan standar penilaian nasional.

Kabupaten Lingga juga berhasil membawa perwakilannya menjadi Juara terbaik satu dicabang tilawatil Qur’an golongan tartil  Puteri. Adelia Puspita dengan raihan poin 96,33 berhasil menempati posisi terbaik pertama, dikuti Fauziah nurul Amana dengan raihan poin 96,33 utusan Kabupaten Karimun dan terbaik ketiga ditempati oleh Shamimi Asihra dengan raihan poin 93,17 utusan dari Kabupaten Bintan.

Sedangkan untuk cabang tiwatil Qur’an golongan tartil putera, Kabupaten Lingga harus puas berada diperingkat terbaik kedua. Prayoga Kaspari Putra utusan kabupaten Lingga yang mendapatkan nilai 94,67 tersebut, tidak mampu menempati posisi pertama setelah Aidil Zakatul Izhak utusan dari Kabupaten Karimun, yang memperoleh nilai 97,50.

Dicabang hafiz satu juz putri, hafizah Kabupaten Lingga Maya Fatmasari, meraih peringkat terbaik pertama dengan raihan 96,58 poin, diikuti Desy Novianti utusan Kabupaten Karimun diperingkat kedua dan Adelia Safitri utusan dari Kota Batam.

Untuk cabang lainnya didomonasi oleh Kabupaten Karimun. Utusan dari Kabupaten Lingga harus puas berada diperingkat terbaik kedua hingga harapan tiga.

Untuk Juara stand bazar yang dikuti tujuh Kabupaten/Kota di Provinsi Kepri, mulai dari pemerintahan hingga instansi vertikal se Kepri tersebut, juara pertama  jatuh kepada stand bazar Kabupaten Lingga, diikuti stand bazar Kabupaten Karimun sebagai juara kedua dan stand bazar Kabupaten Bintan sebagai juara ketiga.

Pemenang lomba Pawai ta’aruf juga turut diumumkan pada acara penutupan MTQ kelima Provinsi Kepri. Adapun pemenang pertama jatuh ketangan Kabupaten Karimun, Kabupaten Bintan sebagai Juara kedua, diikuti Kota tanjung Pinang sebagai juara ketiga. Kabupaten Lingga dengan replika Unta yang ditunggangi Wakil Bupati harus puas berada diposisi ke empat.

 Juara Umum MTQ tingkat Provinsi Kepri diumumkan oleh Ketua Dewan Hakim, Said Agil. Untuk Juara Umum satu, jatuh kepada tuan rumah yaitu Kabupaten Karimun. Gelar Juara Umum MTQ kelima tingkat Provinsi Kepri tersebut menambah perolehan gelar Karimun sebagai Juara MTQ provinsi dengan tiga kali berturut-turut.

Untuk juara Umum kedua diraih oleh Kota Batam, diikuti Kota Tanjung Pinang sebagai Juara Umum ketiga. Kabupaten Bintan diposisi keempat, Kabupaten Lingga diposisi kelima, diikuti Kabupaten Natuna diposisi keenam dan Kabupaten Anambas ditempat ketujuh.

Acara penutupan MTQ kelima tingkat Provinsi Kepri tersebut ditutup dengan sambutan Gubernur Kepri, sekaligus penyerahan hadiah kepada pemenang.M. Sani dalam sambutannya mengucapkan terikasih kepada Kabupaten Karimun yang cukup sukses menggelar acara MTQ tingkat Provinsi Kepri tersebut.

Dia juga berpesen kepada pemenang yang akan mewakili Provinsi Kepri diajang MTQ tingkat Nasional tahun 2014 di Kota Batam, untuk terus berlatih dan dapat memberikan hasil terbaik, guna mengharumkan nama Kepri ditingkat Nasional kelak. (MC Kab. Lingga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *