Stand Bazar MTQ milik Kabupaten Lingga dipadati pengunjung

Diposting pada

 

Karimun, Media Center – Stand bazar Kabupaten Lingga pada pergelaran Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) kelima tingkat Provinsi Kepulauan Riau, yang letaknya berseberangan dengan Panggung Rakyat Sri kemuning Costal Area, dipadati para pengunjung, pada hari pertama pelaksanaan MTQ, sabtu (23/3).

Para pengunjung yang rata-rata adalah masyarakat Kabupaten Karimun tersebut, cukup antusias menyaksikan berbagai macam seni dan cendramata khas daerah yang berada di Kabupaten Lingga.

Salah seorang petugas stand bazar Kabupaten Lingga Andi, yang merupakan staf di Dinas Pariwisata Kabupaten Lingga mengatakan, masyarakat Karimun yang mengunjungi stand bazar Kabupaten Lingga tersebut, banyak memiliki ikatan sejarah yang kuat dengan kultur budaya Lingga.

Menurutnya, Kebanyakan masyarakat Karimun adalah berasal dari daerah Lingga. Pada masa perusahaan timah pulau Singkep ditutup dan dipindahkan ke Karimun, mereka atau garis keturunan mereka yang merupakan masyarakat Lingga, ikut hijrah dan menetap di Kabupaten Karimun.

Seperti yang diungkapkan Darmawi, salah seorang pengunjung stand bazar Kabupaten Lingga tersebut, tempat ini membuatnya merasa pulang kampung. “Ketika melihat foto-foto disini saya merasa seperti berada di Dabo Singkep”, ungkapnya.

Darmawi yang lahir di Dabo Singkep tersebut mengatakan, Kabupaten Lingga dan Kabupaten Karimun memiliki hubungan yang sangat erat. Bukan hanya dia, salah seorang pensiaunan PT.Timah Kundur yang sejak tahun 1990 menetap di Prayon Kundur itu, namun masih banyak lagi masyarakat Karimun yang memiliki cerita sama dengannya.

Dia berharap kedepannya kepada pemerintah Kabupaten Lingga yang tengah serius melakukan pemekaran, agar dapat menjaga, melestarikan, dan mengembangkan seni dan budaya di Kabupaten Lingga, agar tidak hilang ditelan arus zaman.

Stand bazar Kabupaten Lingga yang dibuka pada Kamis (21/3), yang dihiasi warna kuning dan hijau tersebut, akan ditutup bersamaan dengan penutupan MTQ ke-V tingkat Provinsi Kepri pada hari Kamis (27/3), di arena utama Costal Area Kabupaten Karimun. (MC Kab. Lingga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *