Peserta MTQ tingkat Provinsi Kepri mengikuti Pawai Ta'aruf di Sri Kemuning Costal Area

Pawai Ta’aruf MTQ ke-V tingkat Provinsi Kepulauan Riau diikuti 21.000 lebih peserta

Diposting pada

Peserta MTQ tingkat Provinsi Kepri mengikuti Pawai Ta'aruf di Sri Kemuning Costal Area

 

Karimun, MCLingga – Sebanyak 21.000 lebih peserta pawai dari tujuh Kabupaten Kota yang ada di Provinsi Kepulauan Riau, memadati sepanjang jalan Panggung Rakyat Sri Kemuning Costal Area untuk mengikuti Pawai ta’aruf, menyambut Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), ke-Lima tingkat Provinsi Kepulauan Riau tahun 2014, yang digelar di Kabupaten Karimun, Kamis (20/3) pagi.

Perhelatan yang dilaksanakan dua tahun sekali itu, turut dihadiri oleh wakil Gubernur Kepri, Wali Kota dan Kepala Daerah se-Provinsi Kepri, Sekertaris Daerah se-Provinsi Kepri, para Kepala Dinas Pemerintahan dan instansi vertikal se-Provinsi Kepri,  Pemuka agama, dan Tokoh masyarakat se-Provinsi Kepri.

Acara yang terbilang megah tersebut sukses dilaksanakan Kabupaten Karimun. Ini akan menjadi tolak ukur pemerintah Provinsi Kepri yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan MTQ tingkat Nasional pada bulan Juni tahun ini.

 

Acara yang dibuka dengan Pembacaan do’a, dilanjutkan dengan pembacaan Laporan Koordinator Pawai ta’aruf oleh kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun.

 

Berdasarkan laporan koordintor Pawai ta’aruf tersebut, sebayak 21.386 orang peserta pawai , yang terdiri dari 7 Kabupaten kota se-Provinsi Kepri. Kabupaten Karimun sebagai tuan rumah menurunkan peseta terbanyak, yaitu 17.330 kafilah. Diikuti Kabupaten Bintan dengan 875 peserta.

 

Kabupaten Lingga yang mengikutsertakan 827 orang peserta menempati urutan ketiga. Kabupaten Anambas berada di posisi keempat terbanyak, dengan 712 peserta. Kota Tanjung Pinang di Posisi ke Lima terbanyak dengan 633peserta, diikuti Kota Batam dengan 600 peserta. Kabupaten Natuna yang letaknya paling jauh, menempati posisi keenam terbanyak dengan 267 peserta.

 

Pawai Ta’aruf tersebut menampilkan keaneka ragaman seni budaya dari setiap daerah di Provinsi Kepri. Melalui kostum dan mobil hias serta tarian yang diperagakan para peserta pawai tersebut bertujuan untuk mengenalkan keunikan dan keaneka ragaman daerah mereka.

 

Rute pawai tersebut dimulai dari Panggung rakyat Sri Kemuning Costal Area dan finish dirumah dinas Bupati Karimun, yang berjarak lebih kurang 2 Km. Sdangkan  Rute kendaraan hias, melanjutkan perjalanan mengililingi Kota yang akan dipandu oleh petugas yang tlh ditunjuk.

 

Kabupaten Lingga tampil dengan berbagai macam kostum dan alat peraga. Para tamu undangan sempat dihebohkan dengan lima ekor Unta yang ditunggangi oleh wakil Bupati Lingga bersama Sekda  dan para Pemuka Agama Kabupaten Lingga, yang saat itu melintas di depan panggung rakyat Sri Kemuning Costal Area.

 

 

Wakil Bupati yang sempat turun dari replika Unta tunggangannya itu, menghampiri para tamu undangan dan mengajak Wakil Gubernur Kepri dan kepala Daerah lainya turun kejalan melakukan foto bersama di sebelah Replika Unta tersebut.

 

Wakil Gubernur Kepri Suryo Respationo, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada panitia penyelenggara dan seluruh masyarakat Karimun yang turut serta berpartisipasi dalam acara MTQ tingkat Provinsi tersebut. Dia memuji keberhasilan Kabupaten Karimun yang telah sukses menggelar perhelatan dua tahunan itu dengan megah. Hal ini akan menjadi contoh baik bagi Provinsi Kepri dalam kesiapannya menjadi tuan rumah diajang MTQ tingkat Nasional, yang akan digelar di Kota Batam, pada bulan Juni tahun 2014 mendatang. (MC Kab. Lingga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *