LAKIP 2012

Diposting pada

IKHTISAR  EKSEKUTIF

 

Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Kabupaten Lingga Tahun 2012 merupakan wujud pertanggungjawaban dalam mengukur kinerjanya selama melaksanakan tugas dan kewenangannya pada Tahun Anggaran 2012. Materi yang terkandung dalam LAKIP berorientasi pada analisis pencapaian sasaran serta pengukuran atas kegiatan yang ditetapkan dalam rencana kinerja tahunan. Analisis pencapaian sasaran memuat informasi mengenai keberhasilan dan kegagalan organisasi dalam mencapai tujuan dan sasaran sehingga dapat diidentifikasi penyebab serta pemecahan masalahnya.

 

Sesuai dengan semangat otonomi daerah, maka Kepala Daerah  harus berupaya terus menerus dan berkesinambungan untuk meningkatkan Akuntabilitas Publik, tidak hanya mempertanggungjawabkan jumlah uang atau sumber daya yang telah dibelanjakan, akan tetapi lebih menitikberatkan pertanggungjawaban yang dapat menunjukkan sejauh mana setiap program dan kegiatan yang telah dibiayai dan berhasil dilaksanakan dalam satu tahun anggaran dapat berfungsi serta mencapai target kinerja yang diharapkan.

Demikian dengan Laporan Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Kabupaten Lingga tahun 2012 dimaksudkan untuk menjelaskan dan memaparkan berbagai kinerja strategis yang dicapai oleh Pemerintah Kabupaten Lingga dalam kurun waktu tahun 2012. Indikator kinerja yang dipaparkan meliputi kinerja kegiatan yang menjadi tanggung jawab unit-unit kerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lingga, serta indikator sasaran strategis dan indikator makro yang menjadi tolok ukur dan acuan bagi pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Lingga pada masa mendatang.

Analisis kinerja Pemerintah Pemerintah Kabupaten Lingga pada tahun 2012 disajikan untuk setiap misi yang menjadi arah pembangunan Kabupaten Lingga sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Tahun 2010 – 2015.

Pemerintah Kabupaten Lingga pada umumnya telah berhasil menyelesaikan program dan kegiatan yang direncanakan dan telah menghasilkan Output yang direncanakan, namun dengan segala kerendahan hati menyatakan bahwa masih diperlukan upaya yang lebih bersungguh-sungguh dan lebih keras, sehingga di masa yang akan datang dapat menyajikan target dan capaian kinerja dengan lebih baik sehingga dapat mempersempit perbedaan persepsi terhadap realisasi capaian kinerja yang tersaji didalam Laporan Akuntabilitas dengan harapan stakeholder pada umum.

Keberhasilan pencapaian sasaran ini tidak terlepas dari komitmen penuh dari Bupati beserta dukungan segenap staf dan pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lingga di samping adanya koordinasi dan sinergi dengan pihak terkait.

Terhadap sasaran yang belum tercapai sepenuhnya di samping karena adanya faktor eksternal yang tidak dapat diantisipasi, juga disebabkan faktor internal yang perlu diperbaiki di masa mendatang diantaranya kekurang tepatan dalam menetapkan target, sehingga masih terdapat kegiatan yang belum terlaksana ataupun terlambat dilaksanakan yang berakibat  tertunda pemanfaatannya.

Kekurangan dan keberhasilan yang telah dicapai selama tahun 2012 telah  memberikan pelajaran yang sangat berharga bagi Pemerintah Kabupaten Lingga untuk meningkatkan kinerja di masa-masa mendatang. Berbagai langkah antisipatif akan ditempuh untuk pemecahan masalah yang mungkin akan dijumpai pada penyelenggaraan pemerintahan di masa yang akan datang.

Untuk mengunduh dokumen LAKIP 2012 secara lengkap silahkan kunjungi link berikut DOWNLOAD LAKIP 2012

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *