Infrastruktur Perhubungan, Komunikasi dan Pariwisata

Diposting pada

1. Angkutan Darat

Jalan merupakan salah satu prasarana pengangkutan darat yang penting untuk memperlancar kegiatan sektor perekonomian. Dengan semakin meningkatnya usaha pembangunan, maka akan pula menuntut peningkatan pembangunan jalan untuk memudahkan mobilitas penduduk dan memperlancar lalu lintas barang dari suatu daerah ke daerah lain.

Panjang jalan di Kabupaten Lingga pada tahun 2010 mencapai 516,16 km. Pada tahun tersebut jalan yang diaspal sebesar 48,26 persen dari total panjang jalan yang ada.

 

2. Angkutan Laut

Angkutan laut merupakan sarana perhubungan yang sangat vital dan strategis bagi masyarakat Kabupaten Lingga sebagai daerah kepulauan. Oleh karena itu, maka pembangunan di bidang pelayaran terus ditingkatkan dan diperluas termasuk penyempurnaan manajemen dan dukungan fasilitas pelabuhan. Di Pelabuhan Dabo Singkep, angkutan barang luar negeri yang dimuat pada tahun 2010 mencapai 2.117.136,76 ton. Berbeda dengan angkutan barang antar pulau, maka pada tahun 2010 barang yang dibongkar pada angkutan antar pulau tercatat sebesar 190.094,03 ton. 

3. Angkutan Udara

Lalu lintas pesawat dan penumpang dari dan ke Kabupaten Lingga melalui Bandara Dabo Singkep tahun 2010 terlihat cukup berfluktuasi. Selama tahun 2010 terdapat 54 kedatangan dan 54 keberangkatan pesawat. Lonjakan penumpang yang datang dan berangkat dari Bandara Dabo Singkep terjadi pada bulan Juli dan Agustus. Sementara itu jumlah bagasi yang dibongkar mencapai 13.348 kg dan bagasi yang dimuat mencapai 9.328 kg.

4. Pos dan Telekomunikasi

Pelayanan pos saat ini tidak hanya melayani jasa pengiriman surat – menyurat saja, sering dengan perkembangan jaman, pelayanan jasa pos jauh lebih kompleks dengan berbagai pe-layanan yang ditawarkan oleh PT. Pos Indonesia. Untuk memperluas jangkauan pelayanan, pemerintah telah banyak membangun kantor pos baru. 

Surat tercatat yang diterima dan dikirim tahun 2010 sebanyak 5.001 dan 12 surat. Surat kilat khusus yang diterima dan dikirim masing-masing sebanyak 10.836 dan 5.543 surat. Sedangkan jumlah paket pos diterima sebanyak 987 paket dan dikirim sebanyak 829 paket.

5. Perhotelan dan Pariwisata

Pembangunan kepariwisataan diarahkan pada pariwisata yang menggalakkan kegiatan ekonomi, sehingga lapangan pekerjaan, pendapatan masyarakat serta penerimaan devisa akan dapat meningkat melalui upaya pengembangan dan pendayagunaan berbagai potensi kepariwisataan. Jumlah objek wisata di Kabupaten Lingga selama tahun 2010 ada sebanyak 82 buah

sumber : Lingga dalam Angka 2010

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *